AKK

GAMBARAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) SEKOLAH PADA SISWA SEKOLAH DASAR GMIM LEMOH

Sendy Wowor, Ricky C. Sondakh, Dina Rombot

Bidang Minat Administrasi Kebijakan Kesehatan,

Fakultas Kesehatan Masyarakat

Universitas Sam Ratulangi Manado

RINGKASAN

Latar Belakang: Derajat kesehatan anak pada saat ini belum bisa dikatakan baik karena masih banyak terdapat masalah kesehatan khususnya pada anak sekolah. Permasalahan perilaku kesehatan pada anak usia Sekolah Dasar biasanya berkaitan dengan kebersihan perorangan, lingkungan dan munculnya berbagai penyakit yang sering menyerang anak usia sekolah, ternyata umumnya berkaitan dengan PHBS. Masalah kesehatan yang terjadi pada anak usia sekolah semakin memperjelas bahwa nilai-nilai PHBS di sekolah masih minimal dan belum mencapai tingkat yang diharapkan. Oleh Karena itu diperlukan suatu kegiatan intervensi yang dapat meningkatkan pengetahuan,sikap dan tindakan tentang PHBS pada anak sekolah. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Sekolah adalah sekumpulan perilaku yang di praktekkan oleh peserta didik, guru dan masyarakat lingkungan sekolah berdasarkan kesadaran, sehingga mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat. Penelitian ini bertujuan mengetahui Gambaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa Sekolah Dasar GMIM Lemoh. Metode penelitian: Penelitian ini adalah suatu penelitian yang bersifat deskriptif. Jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 150 responden. Pengumpulan data melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian: Gambaran pengetahuan 96,1% dikategorikan sangat baik, gambaran sikap 90,8% dikategorikan sangat baik, dan gambaran tindakan 76,8% dikategorikan baik. Kesimpulan: belum adanya kesinambungan dari pengetahuan, sikap, dan tindakan untuk membentuk suatu perilaku yang baik. Tingkat Pengetahuan dan sikap sudah sangat baik tetapi tindakan siswa hanya berada pada kategori baik.

Kata kunci : Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Sekolah, Siswa Sekolah Dasar

 

ABSTRACT

Background: Health status of the child at this time can’t be said to be either because there are still many health problems especially among school children . Behavioral health problems in children of primary school age are usually associated with personal hygiene, environment and the emergence of a variety of diseases that often affects school age children, turns are generally associated with Clean and Healthy Lifestyle. Health problems that occurring school age children increasingly clear that values of clean and healthy lifestyle behaviors in schools is still minimal and has not reached the expected level. Therefore, we need an intervention to increase knowledge, attitudes and actions of clean and healthy lifestyle on the child school. The behavior of living clean and healthy schools is a set of behaviors that are practiced by learners, teacher and school environment based on public awareness, so as to prevent diseases improve health, as well as play an active role in creating healthier environment. This research aims to know the image clean and healthy lifestyles in elementary school students GMIM Lemoh. Methods: The study was a qualitative method. Number of samples in the study as many 150 respondents. Data collection through interviews using questionnaire. Results: an overview of knowledge 96.1% categorized very well, 90.8% attitude representation categorized very well and 76.8% action picture categorized either. Conclusion: The absence of continuity knowledge, attitudes and actions to establish a good behavior. Knowedge level and attitude is very good but the actions of the students have only been on either category.

Keywords: the behavior of  living clean and healthy schools, elementary school students

 

BUKA FULL TEXT ARTIKEL (pdf) disini